• 5 Hewan Pembawa Penyakit untuk Manusia

    Beberapa penyakit ternyata penularannya bisa dilakukan oleh hewan. Hewan-hewan yang diduga kuat sebagai biang keladi pembawa penyakit untuk manusia adalah sebagai berikut:



    1. Kelelawar (Pembawa Penyakit Rabies) 
    Jika sebelumnya penyakit rabies dikenal sebagai salah satu penyakit yang dibawa oleh anjing, penelitian terbaru membuktikan bahwa ternyata kelelawar membawa resiko lebih besar terhadap penyakit ini.
    Rabies dapat memengaruhi sistem saraf pusat dan dapat menyebabkan kebingungan, halusinasi, kelumpuhan parsial, dan kesulitan menelan. Jika tidak diobati, maka rabies biasanya berakibat fatal bagi kesehatan seseorang.


    2. Kelinci (Pembawa Penyakit Tularemia
    )
    Nama penyakityang satu ini mungkin masih asing bagi Anda. Tularemia adalah penyakit yang dapat menyebabkan masalah pernapasan serius. Tularemia juga dikenal sebagai demam kelinci.
    Gejala yang ditimbulkan di antaranya demam mendadak, menggigil, nyeri sendi, dan lemah. Bahkan, orang yang terinfeksi dapat berisiko terkena pneumonia (radang pada organ paru) dan kesulitan bernapas.




    3. Burung  (Pembawa virus H5N1)  
    Flu burung disebabkan oleh virus, H5N1, yang dapat menular melalui penanganan unggas yang terinfeksi. Sejak tahun 1997, lebih dari 120 juta burung di seluruh dunia telah mati atau dimusnahkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.




    4. Sapi (Pembawa Virus E-coli
    Bakteri E coli yang dikenal sebagai O157: H7 tidak berbahaya untuk hewan ternak, tetapi dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada manusia




    5. Kucing (Pembawa Virus Toksoplasmosis)
     
    Selain menyebabkan rabies, kucing juga dapat menularkan penyakit tularemia dan toksoplasmosis. Menurut DeBess, bakteri dan parasit yang menyebabkan tularemia dan toksoplasmosis biasanya dibawa oleh hewan lain.




    Sumber : http://forum.kompas.com/kesehatan/207049-5-hewan-pembawa-penyakit-untuk-manusia.html
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar